Home / Nasional / LDII NTT Gandeng UNICEF dan Dinas Kesehatan Sosialisasi Seputar Fakta dan Mitos Menstruasi

LDII NTT Gandeng UNICEF dan Dinas Kesehatan Sosialisasi Seputar Fakta dan Mitos Menstruasi

Kupang (10/10). Fakta dan mitos seputar menstruasi di masyarakat, sering kali membuat bingung. Untuk itu, Biro Pemberdayaan Perempuan dan Kesejahteraan Keluarga (PPKK) DPW LDII Provinsi NTT, menggandeng UNICEF menghelat sosialisasi menstruasi. Kegiatan itu bertujuan memberikan pengetahuan seputar menstruasi yang sehat pada remaja putri dan ibu-ibu, pada Sabtu (8/10), di gedung DPW LDII NTT.

Ketua DPW LDII NTT Mustafa Beleng membuka acara yang diikuti secara daring dan luring dari 12 DPD LDII se-NTT. Selain UNICEF, acara itu bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Provinsi NTT, dan Puskesmas Sikumana Kota Kupang.

Pemateri Seminar Laila Sari mengatakan, menjaga diri saat menstruasi itu sangat penting. Termasuk menjaga kebersihan diri. Sebab menstruasi itu merupakan darah kotor yang dibuang oleh tubuh. “Oleh sebab itu, kita juga harus rajin-rajin menjaga kesehatan diri seperti rajin mengganti pembalut, cuci muka karena hormon sedang berubah,” pesannya.

Laila menyampaikan, semua hal tentang menstruasi. Mulai dari proses terjadinya menstruasi, tips menstruasi sehat, hingga hal-hal yang sering terjadi seputar menstruasi. Sebagai salah satu acuan dalam pengontrolan menstruasi setiap bulannya, untuk memudahkan hal tersebut UNICEF telah meluncurkan sebuah aplikasi bernama OKY Indonesia yang telah tersedia di Play Store. Aplikasi tersebut juga disosialisasikan kepada peserta yang hadir pada saat itu.

Semua informasi seputar menstruasi sudah tersedia di dalam aplikasi tersebut. Termasuk tentang cara menghitung masa menstruasi, hingga fakta dan mitos yang beredar di masyarakat Indonesia juga dibahas di sana. Seluruh peserta diminta untuk mendownload aplikasi tersebut dan mencoba berbgai fitur yang tersedia.

Antusiasme peserta sosialisasi sangat luar biasa mengingat materi ini sangat berkaitan dengan kehidupan remaja putri dan ibu-ibu. Hal ini terlihat dari banyaknya pertanyaan yang masuk di sesi tanya jawab dengan pemateri. Tak lupa, sebagai reward kepada peserta yang berpartisipasi baik yang sudah mendownload aplikasi OKY ataupun mengajukan pertanyaan, pihak penyelenggara telah menyiapkan beberapa souvenir menarik. (Karyanto/FF)

About penulis penulis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *